mesin-jahit-manual

Tips Menjahit Bahan Kaos dengan Mesin Jahit Manual

Agustus 20, 2016 - hamba-allah

No Comments

Menjahit bahan kaos bukan hanya bisa dilakukan dengan mesin jahit listrik atau obras. Jenis mesin jahit seperti itu biasanya digunakan oleh industri di bidang konveksi atau garmen yang memang dituntut untuk bekerja lebih cepat dan efektif. Mesin jahit tersebut bisa menjahit dengan cepat. Berbeda dengan Anda yang ingin membuat kaos sendiri yang sederhana dengan bahan kain kaos yang bisa dibeli di toko kain. Kebetulan di rumah ada mesin jahit warisan dari orang tua yang menganggur. Mesin jahit yang cara menjalankannya dengan cara diputar menggunakan kaki.
Anda mungkin mengenal salah satu mesin jahit manual merk Singer yang legendaris itu. Salah satu tipenya ada yang dijalankan dengan cara menekan kaki ke depan dan ke belakang. Dengan begitu, roda yang ada di bawah mesin berputar, sehingga bisa menggerakkan jarum yang sudah berisi benang naik turun. Tidak menutup kemungkinan hingga sekarang masih cukup banyak yang menggunakan mesin jahit manual semacam itu. Lalu, bagaimana cara menjahit bahan kaos dengan mesin jahit manual? Berikut tips ala konveksi surabaya murah
Bahan kaos menjadi salah satu kain yang nyaman saat dijadikan jenis pakaian tertentu dan dipakai sehari-hari. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda membuat sendiri pakaian dengan bahan kaos yang dimiliki dengan mesin jahit manual di rumah. Namun demikian, ada tips atau trik khusus agar Anda pun bisa menjahit dengan lebih baik.

 

Baca Juga : 5 Tips Mencuci Baju Agar Lebih Mudah

Salah satu tipsnya, yaitu melapisi bahan kaos dengan selembar kertas. Ambil saja selembar kertas berukuran folio atau kuarto. Letakkan kertas tersebut di atas kain yang akan dijahit mengikuti pola jahitannya. Selanjutnya, mulailah menjahit kertas dan kain tersebut secara bersamaan. Pastikan benang selalu menempel pada kertas agar benangnya dapat menempel sempurna pada bahan kaos. Setelah selesai menjahit, tarik secara perlahan kertas itu hingga robek dan terlepas dari jahitan.
Tujuan menggunakan kertas saat menjahit manual adalah agar pola jahitan bisa lebih lurus dan rapi. Pasalnya, Anda akan kesulitan menjahit bahan kaos dengan mesin jahit manual, apalagi kainnya bercorak atau berpola penuh warna (tidak polos).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *