digital-printing-kain

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Digital Printing Kain Tekstil

Agustus 24, 2016 - hamba-allah

No Comments

Digital printing kain tekstil menjadi salah satu inovasi yang dapat diaplikasikan dalam bidang fashion. Perkembangan ini dipengaruhi oleh penemuan peralatan printing atau cetak yang bekerja dengan sistem komputerisasi. Jika Anda dulu mengenal alat cetak digital (printer) yang terhubung di personal computer (PC)  dan hanya untuk mencetak di kertas ukuran tertentu. Namun sekarang, printer digital sudah ada yang berukuran besar, sehingga bisa mencetak dengan media kertas berukuran yang besar pula. Bahkan, bukan hanya kertas saja yang bisa dicetak, tetapi sekarang bisa diaplikasikan dengan kain tekstil.

Itulah yang bisa disebut digital printing kain tekstil. Makin banyak industri garment atau konveksi dengan lingkup besar mengaplikasikannya. Anda tentu ingin mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari pengaplikasian digital printing di bidang fashion, bukan? Oleh karena itu, silakan menyimak informasi di bawah ini.

Kelebihan digital printing

Dikarenakan didukung oleh sistem komputerisasi modern, mencetak secara digital jauh lebih mudah, cepat, dan hasilnya banyak. Dapat diperbandingan saja, Anda mencetak kain dengan motif tertentu dengan cara screen printing atau roll printing sehari maksimal 1 – 2 motif saja serta jumah hasil cetakannya terbatas. Sementara saat memakai teknik digital printing, Anda bisa mencetak kain bermeter-meter dengan motif yang berbeda. Pasalnya, motif tersebut sudah tersimpan dalam harddisk komputer dan bisa segera diaplikasikan dengan software tertentu untuk mencetak kain tekstil.

Kekurangan digital printing

Kekurangan yang bisa diketahui oleh Anda sekalian, yaitu tidak seluruh jenis kain bisa dilakukan proses digital printing. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikannya Anda harus memilih terlebih dulu jenis kainnya. Setelah itu, barulah dilakukan proses cetak digital secara komputerisasi. Kekurangan lainnya, yaitu kualitas dari hasil cetakannya tidak bisa bertahan lama. Hal itu dikarenakan tinta yang digunakan memang berbeda saat mengaplikasikan teknik screen printing atau roll printing. Oleh karena itu, setiap pihak yang ingin mengaplikasikan digital printing kain tekstil perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini dapat ditindaklanjuti dengan maksimal karena sangat bermanfaat untuk Anda sekalian.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *