Jenis-jenis benang yang digunakan sebagai konveksi kaos

April 17, 2017 - hamba-allah

No Comments

Benang jahit merupakan struktural kecil dalam pembuatan kaos, walaupun begitu namun harus diperhatikan kualitasnya. Benang yang berkualitas adalah yang tidak mudah putus, kuat, elastis, dan dapat menghasilkan jahitan yang awet.
Terdapat beberapa jenis benang, namun memiliki fungsi yang berbeda-beda, ada yang khusus untuk menjahit, menyulam, membordir, dan benang untuk mesin-mesin konveksi di pabrik garment Surabaya. Setiap mesin jahit memiliki jenis benang yang berbeda-beda. Menurut jenis bahannya, mesin jahit dibedakan menjadi beberapa macam yaitu:

 

benang-katun

1. Benang jahit

Benang ini berasal dari beberapa serat, baik serat alami maupun serat imitasi. Benang sutra dan benang katun adalah benang yang berasal dari serat alami. Sedangkan benang yang berasal dari serat imitasi yaitu benang polyster dan benang nilon. Benang ini biasanya digunakan untuk usaha konveksi murah Surabaya dan memiliki ciri yang halus dan lembut.

2. Benang kasur

Sebutan lain dari benang kasur adalah benang jagung. Benang ini memiliki ciri yang bertekstur kasar, berdiameter besar, dan kuat. Biasanya jenis ini digunakan untuk menjahit kasur, selain itu juga dapat digunakan sebagai aplikasi hiasan pada pakaian. Perusahaan Konveksi Surabaya

3. Benang stainless

Benang ini memiliki sebutan lain yaitu benang logam, karena bahan dasarnya berasal dari logam. Ciri-cirinya yaitu tekstur yang lembut, tipis, tetapi kuat serta biasanya memiliki warna gold atau silver yang mengkilap.

Benang stainless lebis sering dipakai untuk hiasan pakaian, baik secara manual maupun dengan menggunakan mesin. Keunggulan dari benang stainless adalah dapat digunakan pada mesin bordir untuk menghasilkan efek mengkilap yang mewah.

4. Benang karet

Benang karet terbuat dari meterial dasar karet yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki sifat yang lentur. Pada umumnya banyak digunakan pada mesin-mesin jahit konveksi misalnya mesin obras dan mesin bordir.
Selain jenis bahan diatas juga terdapat benang lain yang sering digunakan untun menjahit kain berdasarkan kegunaanya. Benang wol digunakan nntuk merajut, benang bordir digunakan untuk menyulam namun menggunakan mesin, benang sulam digunakan untuk menyulam namun menggunakan tangan, benang mouline untuk menghias, benang obras khsus untuk mesin obras, dll.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *